20 Sep, 2017 - 09:47

Penerimaan PNS di Berbagai Instansi Tahun 2017


Jakarta (18/9/2017) – Sebanyak 61 instansi membuka kesempatan kesempatan kepada putra-putri Indonesia untuk ikut bergabung sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Instansi penerima PNS terdiri dari 60 instansi pemerintah pusat dan 1 instansi pemerintah daerah.

Instansi pemerintah pusat meliputi kementerian koordinator, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Kemudian kementerian meliputi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pemuda Olahraga, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Sekretariat Negara & Sekretariat Kabinet,

Selanjutnya lembaga meliputi Kejaksaan Agung, Badan Intelijen Negara, Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat, Badan Pemeriksa Keuangan, Lembaga Sandi Negara,

Dalam penerimaan tahun 2017 ini juga oleh berbagai badan meliputi Badan Kepegawaian Negara, Lembaga Administrasi Negara, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Arsip Nasional Republik Indonesia, Badan Informasi Geospasial, Badan Kependudukan dan KB Nasional, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Kepolisian Negara RI, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Badan Narkotika Nasional, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI, Badan Keamanan Lau, Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (BASARNAS), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Badan Ekonomi Kreatif.

Sedangkan pemerintahan daerah hanya satu yaitu Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.


Pendaftaran dan seleksi.

Pendaftaran di semua instansi dibuka mulai Senin, 11 September 2017 dan ditutup 25 September 2017. Syarat-syarat yang harus dipenuhi calon peserta berbeda-beda untuk setiap instansi dan jabatan. Agar pelamar memperhatikan dan menyiapkan seluruh dokumen pokok.

Melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) no 22/2017, pemerintah menetapkan nilai ambang batas (passing grade) seleksi kompetisi dasar (SKD) CPNS tahun 2017. Passing grade tahun 2017 adalah 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Bagi yang berminat, silahkan melihat pengumuman penerimaan PNS melalui website masing-masing instansi. Diinformasikan unit kerja yang membutuhkan, jumlah PNS, syarat pokok, dan lainnya. (AEP)


Copyright © 2017 | Situs Resmi Toga Pandiangan